TIPS MENDONGENG

Posted: 12 Maret 2011 in Catatan Budaya
Tag:, ,

Ada beberapa tips yang direkomendasikan Lembaga Bina Anak dan Pengembangan Masyarakat yang dapat dicoba orangtua atau guru jika ingin mendongeng ke anak-anak atau siswa:

Pertama, cari waktu yang tepat untuk mendongeng. Waktu yang paling tepat adalah pada saat menjelang tidur. Karena aktivitas menjelang tidur membutuhkan belaian kasih sayang dari orangtua. Waktu 10-15 menit bagi anak pada saat menjelang tidur, dengan pesan-pesan positif dan belaian akan sangat membekas pada memori anak. Memori yang terbentuk pada anak adalah situasi hubungan emosional dan pesan-pesan yang disampaikan pada anak melalui isi cerita.

Kedua, pilihan isi cerita. Bercerita di minggu sore dibutuhkan cerita yang memberi semangat. Sementara cerita menjelang tidur dibutuhkan pesan-pesan keteladanan dan kepahlawanan.

Ketiga, cari media dan alat yang tepat. Media dan alat mendongeng disesuaikan dengan kondisi dan tujuan. Mendongeng dengan menggunakan buku sangat baik bila menjelang tidur. Sedangkan mendongeng pada sore hari sangat tepat bila menggunakan buku gambar. Tujuannya untuk membantu mengembangkan imajinasi anak (wan)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s