PENDOKUMENTASIAN FOLKLOR BANYUASIN

Posted: 2 April 2011 in Catatan Budaya
Tag:, , , ,

SAAT ini mungkin sudah semakin jarang kita menemukan kebudayaan tradisional Banyuasin dipentaskan. Seni tutur serambe dan senjang, misalnya, sudah banyak yang tidak mengenalnya lagi. Hal ini bila dibiarkan, maka di masa depan masyarakat Banyuasin akan kehilangan budaya adiluhung peninggalan para leluhurnya. Oleh sebab itu, para pemangku kepentingan seperti Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Banyuasin harus turun tangan dengan mengalokasikan dana untuk mendokumentasikan semua cabang seni rakyat yang ada.
Upaya dokumentasi tersebut, tentu saja harus melibatkan para ahli yang benar-benar mengerti teknik mendokumentasikan folklor yaitu ilmu yang mempelajari sebagian kebudayaan suatu masyarakat, yang tersebar dan diwariskan turun temurun, baik dalam bentuk lisan maupun contoh. Pelibatan ahli folklor tersebut dimaksudkan agar upaya dokumentasi yang dilakukan dapat menghasilkan produk yang bermutu jika dilihat dari sisi keilmuan.
Upaya pendokumentasian tersebut juga harus melibatkan tokoh-tokoh adat yang memahami akar budaya Banyuasin. Hasil pendokumentasian tersebut nantinya dapat digunakan untuk memahami karakter masyarakat Banyuasin dan juga dapat digunakan untuk pengembangan budaya Banyuasin ke depan (wan)

Irwan P. Ratu Bangsawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s