Obrolan Warung Kopi | BUDAYA KEKERASAN

Posted: 30 April 2011 in Obrolan Warung Kopi
Tag:, ,

Di warung-warung kopi saat ini sedang hangat dibahas kekerasan yang menelan korban tujuh orang meninggal dunia di Kabupaten OKI sebagai akibat dari perseteruan antara warga dan sebuah perusahaan perkebunan. Dari pagi hingga tengah malam, para penikmat sejati kopi tersebut tak henti-hentinya membincangkan peristiwa yang sesungguhnya sangat memalukan tersebut.
Sangat memalukan sebab sesungguhnya budaya kekerasan bukanlah budaya kita sebagai masyarakat Melayu Islam. Budaya kita mengajarkan agar semua silang sengketa harus diselesaikan berdasarkan musyawarah, kekeluargaan, dan keadilan. Tak ada dalam sejarah masyarakat Melayu menyelesaikan suatu pertikaian melalui kekerasan, apalagi sampai memakan korban jiwa.
Ketika silang sengketa, pertikaian, atau perselisihan kemudian berakhir dengan pertumpahan darah, para pengunjung warung kopi jadi bertanya-tanya: kemanakah aparat pemerintahan dan aparat keamanan saat itu? Padahal sejatinya para aparatur yang terhormat tersebut harus mampu menciptakan dan menjaga rasa aman di tengah masyarakat. Mestinya juga mereka mampu mengelola perselisihan menjadi perdamaian. Jangan sampai mereka malah lempar batu sembunyi tangan. Bila aparatur hanya bisa diam dan menjadi penonton yang manis, maka tak ada kata lain yang lebih tepat selain: Sungguh Terlalu! (Irwan P. Ratu Bangsawan).

Komentar
  1. Cornelius Suryanto mengatakan:

    Kekerasan nampanya memnag sudah menjadi budaya kita. Kasihan juga dengan pendiri negara kita…..

  2. irwanpratubangsawan mengatakan:

    Indonesia memang harus memiliki kembali karakter sebagai bangsa yang berbudaya, Pak…

  3. Suhudi mengatakan:

    Memang sudah saatnya bangsa ini bertobat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s