Obrolan Warung Kopi | KTP YANG BIKIN PUSING

Posted: 7 Mei 2011 in Obrolan Warung Kopi
Tag:, , ,

Bagi warga, mereka tak peduli apakah KTP harus eletronik atau tidak, atau apakah harus berbasis teknologi atau sekedar diketik secara manual saja. Yang penting bagi mereka adalah untuk membuat kartu tersebut tidak perlu ribet dan waktunya tidak lebih dari seminggu saja.

Oleh: Irwan P. Raru Bangsawan

Sejak pembuatan KTP di Kabupaten Banyuasin dipusatkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sudah banyak warga yang pusing bila ingin memperpanjang KTP-nya. Konon, demikianlah gosip yang beredar di warung kopi, untuk membuat kartu yang ukurannya secuil itu perlu waktu berbulan-bulan.

Bagi warga, mereka tak peduli apakah KTP harus eletronik atau tidak, atau apakah harus berbasis teknologi atau sekedar diketik secara manual saja. Yang penting bagi mereka adalah untuk membuat kartu tersebut tidak perlu ribet dan waktunya tidak lebih dari seminggu saja. KTP, bagi warga sangat penting artinya, sebab dengan kartu identitas tersebut mereka akan dengan mudah membuat SIM, berobat gratis, atau periksa kehamilan di RSUD Banyuasin secara gratis dan menyenangkan.

Bisa kita bayangkan pusingnya bila KTP sudah kedaluarsa. Bila sakit, maka kematian sudah pasti mulai membayang di depan mata. Bahkan keluar rumah pun warga jadi khawatir sebab takut kalau-kalau terjaring operasi yustisi. Mungkin, benar juga kata para pengunjung warung kopi yang mengatakan bahwa pemerintah mestinya harus sering-sering turun ke lapangan untuk mengetahui kesulitan warganya. Mereka juga harus tahu bahwa warga sangat menjunjung peraturan yang mewajibkan setiap warga negara memiliki KTP.  Nah, kalau warga sudah taat peraturan, mengapa pemerintah masih juga mempersulitnya? Ternyata, sungguh repot jadi warga di negara ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s