Mandi Hujan

Posted: 11 Mei 2011 in Catatan Budaya
Tag:,

…… Mandi hujan, sesungguhnya mengandung ajaran yang adiluhung. Wah, kok bisa? Ya bisalah. Apalagi kalau asal disambung-sambungkan alias digathuk-gathukkan. Iya, kan? Mandi hujan mengandung ajaran keguyuban dan kekuyupan.

Pernahkah Anda mandi hujan? Disengaja atau pun tak disengaja? Ah, rasanya hampir semua kita pernah mandi-mandi di tengah hujan saat kita masih kanak-kanak dahulu. Ah, rasanya sungguh indah dan nikmat mandi hujan.

Kapankah kita mandi hujan? Ya tentu saja saat hujan turun dengan lebat-lebatnya dong! Maksud saya tentu saja bukan itu. Maksudnya begini: enaknya mandi hujan itu saat bagaimana? Alaah, kok ribet, ya?

Mandi hujan sambil main bola kaki atau bal-balan sungguh sangat menyenangkan. Kita serasa jadi pemain bola profesional. Yah, kalau dulu sih rasa-rasanya kayak jadi Mario Kempes gitu loh. Walaupun yang bermain cuma enam orang dan yang menonton hanya pohon yang bergoyang tertiup angin, wah, semuanya serba terasa hebat. Singkat kata: Sungguh hebat!

Mandi hujan, sesungguhnya mengandung ajaran yang adiluhung. Wah, kok bisa? Ya bisalah. Apalagi kalau asal disambung-sambungkan alias digathuk-gathukkan. Iya, kan? Mandi hujan mengandung ajaran keguyuban dan kekuyupan. Dikatakan guyup sebab dengan mandi hujan bareng-bareng maka suasana desa yang sunyi (kalau di desa loh!) akan menjadi terasa meriah dan akrab. Sedangkan dikatakan kuyup sebab…. (masa nggak ngerti sih?) Ya, karena basah dong terkena hujan yang deras!!

Pernahkan Anda mandi hujan? Kalau belum, sementara Anda saat ini sudah dewasa, maka Anda telah melewatkan satu saat dalam kehidupan Anda yang seharusnya: sungguh hebat! Terus bagaimana dong? Ya sudah … terima nasib saja, sebab Anda tidak mungkin menjadi kanak-kanak kembali. Nah, loh!!

(Irwan P. Ratu Bangsawan)

Komentar
  1. Achmad Fauzi mengatakan:

    Mandi hujan itu memang menyehatkan. Anak2 yang suka mandi hujan ternyata lebih tahan penyakit daripada yang tak pernah hujan2 sama sekali.
    Tapi mandi hujan juga bisa menyakitkan bilayang terjadi adalah hujan es atau hujan batu😆

    Salam🙂

    btw linkmu sudah kupasang di http://masihangat.wordpress.com/tukar-link/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s