SAPTA PESONA PARIWISATA

Posted: 5 November 2011 in Berita Parsenpor, Pariwisata dan Promosi

  • Keamanan
  • Ketertiban
  • Kebersihan
  • Kesejukan
  • Keindahan
  • Keramahan
  • Kenangan
  • Uraian makna program Sapta Pesona merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam program-program pembangunan kepariwisataan sebagai sektor andalan devisa Nasional:
    1.    AMAN
    a) Suatu kondisi lingkungan destinasi wisata yang memberi rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan wisatawan.
    b) Daerah tujuan wisata dengan lingkungan yang membuat nyaman wisatawan dalam melakukan kunjungan.
    c) Menolong, melindungi, menjaga, memelihara, memberi dan meminimalkan resiko buruk bagi wisatawan yang berkunjung.

    2.    TERTIB
    a) Destinasi yang mencerminkan sikap disiplin, teratur dan profeional, sehingga memberi kenyamanan kunjungan wisatawan.
    b) Ikut serta memelihara lingkungan
    c) Mewujudkan Budaya Antri
    d) Taat aturan/ tepat waktu
    e) Teratur, rapi dan lancar

    3.       BERSIH
    a) Layanan destinasi yang mencerminkan keadaan bersih, sehat hingga memberi rasa nyaman bagi kunjungan wisatawan.
    b) Berpikiran positif pangkal hidup bersih
    c) Tidak asal buang sampah/ limbah
    d) Menjaga kebersihan Obyek Wisata
    e) Menjaga lingkungan yang bebas polusi
    f) Menyiapkan makanan yang higienis
    g) Berpakaian yang bersih dan rapi

    4.       SEJUK
    a) Destinasi wisata yang sejuk dan teduh akan memberikan perasaan nyaman dan betah bagi kunjungan wisatawan.
    b) Menanam pohon dan penghijauan
    c) Memelihara penghijauan di lingkungan tempat tinggal terutama jalur wisata
    d) Menjaga kondisi sejuk di area publik,restoran, penginapan dan sarana fasilitas wisata lain

    5.       INDAH
    a) Destinasi wisata yang mencerminkan keadaan indah menarik yang memberi rasa kagum dan kesan mendalam wisatawan.
    b) Menjaga keindahan obyek dan daya tarik wisata dalam tatanan harmonis yang alami
    c) Lingkungan tempat tinggal yang teratur, tertib dan serasi dengan karakter serta istiadat lokal
    d) Keindahan vegetasi dan tanaman peneduh sebagai elemen estetika lingkungan

    6.      RAMAH TAMAH
    a) Sikap masyarakat yang mencerminkan suasana akrab, terbuka dan menerima hingga wisatawan betah atas kunjungannya
    b) Jadi tuan rumah yang baik & rela membantu para wisatawan
    c) Memberi informasi tentang adat istiadat secara spontan
    d) Bersikap menghargai/toleran terhadap wisatawan yang datang
    e) Menampilkan senyum dan keramah-tamahan yang tulus.
    f) Tidak mengharapkan sesuatu atas jasa telah yang diberikan

    7.       KENANGAN
    a) Kesan pengalaman di suatu destinasi wisata akan menyenangkan wisatawan dan membekas kenangan yang indah, hingga mendorong pasar kunjungan wisata ulang
    b) Menggali dan mengangkat budaya lokal
    c) Menyajikan makanan/ minuman khas yang unik, bersih dan sehat
    d) Menyediakan cendera mata yang menarik

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s