Obrolan Warung Kopi | SEA Games dan Keindonesiaan

Posted: 12 November 2011 in Obrolan Warung Kopi
Tag:

…. Sebagaimana biasa, setiap kali ada kegiatan yang menyangkut nama besar bangsa, pasti ada semacam mobilisasi untuk mendukung secara masif Indonesia. Slogan seperti “Ayo Indonesia Bisa” adalah contoh mobilisasi dukungan tersebut….

Oleh: Irwan P. Ratu Bangsawan
SEJAK
kemarin (11/11) perhelatan olahraga terbesar di Asia Tenggara (SEA Games) secara resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SEA Games yang ke-26 ini dilaksanakan di dua kota besar, yaitu di Jakarta dan Palembang.
Sebagai tuan rumah, tekad besar telah ditanamkan dalam setiap diri atlet Indonesia, yaitu harus menjadi yang terbaik dan Indonesia harus menjadi juara umum. Mungkinkah?
Sebagaimana biasa, setiap kali ada kegiatan yang menyangkut nama besar bangsa, pasti ada semacam mobilisasi untuk mendukung secara masif Indonesia. Slogan seperti “Ayo Indonesia Bisa” adalah contoh mobilisasi dukungan tersebut.
Efektifkah mobilisasi tersebut? Biasanya, rakyat Indonesia adalah rakyat yang sangat cinta bangsa dan negaranya. Mereka biasanya akan bahu membahu bila sudah menyangkut nasionalisme. Keindonesiaan rakyat kita adalah nasionalisme yang tanpa reserve. Mereka mencintai Indonesia “tanpa ada udang di balik batu”.
SEA Games adalah wahana yang tepat untuk, sekali lagi, mengukur keindonesiaan kita. Mungkinkah keindonesiaan kita masih pekat ataukah sudah mulai meluntur? Pertanyaan ini, sesungguhnya bukan ditujukan kepada rakyat kita yang memang sudah tidak diragukan lagi keindonesiaannya, melainkan lebih tepat jika ditujukan kepada para pejabat dan politisi kita. Mengapa? Sebab para pejabat dan politisi biasanya adalah pihak yang paling rentan “terganggu” keindonesiaannya jika sudah berhadapan dengan tahta, wanita, dan harta. Benarkah? Wallahua’lam bishawwab! (***)

Komentar
  1. Anonim mengatakan:

    889

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s