DINAS PARSENPOR BANYUASIN MEMPERKENALKAN LOGO BANYUASIN MEMUKAU

Posted: 10 Januari 2012 in Berita Parsenpor, Pariwisata dan Promosi
Tag:, , , , ,

….Menurut Kosarodin, pariwisata Banyuasin harus mampu bersaing dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Sumsel maupun di Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang menjadi unggulan adalah Taman Nasional Sembilang (TNS) yang terdapat di Kecamatan Banyuasin II. Keunggulan  TNS, selain keindahan alamnya yang masih alami dengan panorama pantai yang mengarah ke Selat Bangka, juga karena taman nasional ini  merupakan jalur lintasan (flyway) burung migran….


Untuk semakin mengenalkan dunia pariwisata di Kabupaten Banyuasin, Dinas Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda dan Olahraga (Parsenpor) Kabupaten Banyuasin Sumsel meluncurkan logo pariwisata yang diberi tajuk “Banyuasin Memukau” atau “Fascinating Banyuasin”. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Parsenpor Banyuasin Ir. H. Kosarodin, MM pada Selasa (10/1) di kantornya.
Menurut Kosarodin, pariwisata Banyuasin harus mampu bersaing dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Sumsel maupun di Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang menjadi unggulan adalah Taman Nasional Sembilang (TNS) yang terdapat di Kecamatan Banyuasin II. Keunggulan  TNS, selain keindahan alamnya yang masih alami dengan panorama pantai yang mengarah ke Selat Bangka, juga karena taman nasional ini  merupakan jalur lintasan (flyway) burung migran.
Ribuan bahkan puluhan ribu burung migran asal Siberia dapat disaksikan di Sembilang yang mencapai puncaknya pada bulan Oktober. Hal ini merupakan atraksi yang menarik untuk diamati, karena dapat mendengar secara langsung suara gemuruh burung-burung tersebut terbang bersamaan dan menutupi suara debur ombak Selat Bangka. Keunikan TNS tersebut mengilhami Dinas Parsenpor Banyuasin untuk menjadikannya sebagai logo pariwisata yang mengambil konsep burung migran.

Makna Logo Banyuasin Memukau
Di tempat yang sama Kasi Promosi Pariwisata dan Bimbingan Masyarakat Dinas Parsenpor Banyuasin Irwan P. Ratu Bangsawan, S.Pd., M.Pd mengungkapkan bahwa logo “Banyuasin Memukau” yang didesain oleh Joko Martono, seorang desainer grafis dari SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III ini, mengandung dua makna, yaitu bentuk logo ini mengambil konsep (deformasi) burung migran yang merupakan keunikan dari Taman Nasional Sembilang (ikon pariwisata Kabupaten Banyuasin) dan warna yang beraneka rupa melambangkan keanekaragaman pariwisata Banyuasin yang memukau.
Tambahkan oleh Irwan P. Ratu Bangsawan bahwa Banyuasin memiliki banyak potensi pariwisata yang masih menunggu untuk dikembangkan. “Taman Nasional Sembilang dan Desa Wisata Sungsang Kecamatan Banyuasin II merupakan destinasi wisata unggulan Banyuasin yang akan terus dikembangkan dan dipromosikan ke dunia pariwisata Indonesia,” ungkap penulis puisi ini.
“Setidaknya Banyuasin memiliki 17 objek wisata, seperti Danau Tanah Mas, Agrowisata di Balai Penelitan Sembawa, dan Taman Tebenan,” tambah Irwan. Masih menurut Irwan dunia pariwisata Banyuasin saat ini masih terus menggeliat untuk turut serta menjadi pelaku industri pariwisata Indonesia. “Oleh sebab itu, Disparsenpor melalui Bidang Pariwisata dan Promosi akan terus berusaha mempromosikan potensi yang ada dan memfasilitasi masyarakat dan dunia usaha yang akan turut mengembangkan dunia pariwisata tersebut,” imbuh Irwan (ip).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s