DINAS PARSENPOR BANYUASIN SELENGGARAKAN PELATIHAN PEMANDU WISATA TERPADU

Posted: 16 November 2012 in Berita Parsenpor, Pariwisata dan Promosi

…. Dalam pelatihan yang dibiayai melalui APBD-P Kabupaten Banyuasin Tahun 2012 ini disajikan materi antara lain Kebijakan Pemkab Banyuasin dalam Bidang Pariwisata, Pengenalan Taman Nasional Sembilang, dan Etika Pemandu Wisata. Para narasumber yang memberikan materi antara lain Irwan P. Ratu Bangsawan MPd (Disparsenpor Banyuasin), Adriansyah (TN Sembilang), dan Nurnaningsih, SS (Dinas Budpar Sumsel)….

Dalam rangka memberikan pembekalan bagi para calon pemandu wisata yang ada di Kabupaten Banyuasin, Dinas Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disparsenpor) Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu Tahun 2012 di Hotel Raden pada 13-14 November 2012.

Menurut Kepala Disparsenpor Banyuasin melalui Kepala Bidang Pariwisata dan Promosi H. Muzahadi, SP,  pelatihan ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk menjamin bahwa para wisatawan yang datang ke Banyuasin akan mendapat layanan yang optimal dari para pemandu wisata yang ada. Menurut Muzahadi, para peserta pelatihan ini berasal dari hotel/penginapan, rumah makan, Pol PP, KNPI, Pramuka, pengelola objek wisata, dan Bujang Gedis Banyuasin (BGB).

Dalam pelatihan yang dibiayai melalui APBD-P Kabupaten Banyuasin Tahun 2012 ini disajikan materi antara lain Kebijakan Pemkab Banyuasin dalam Bidang Pariwisata, Pengenalan Taman Nasional Sembilang, dan Etika Pemandu Wisata. Para narasumber yang memberikan materi antara lain Irwan P. Ratu Bangsawan MPd (Disparsenpor Banyuasin), Adriansyah (TN Sembilang), dan Nurnaningsih, SS (Dinas Budpar Sumsel).

Selain materi teoretis, kepada para peserta pelatihan juga diajak untuk mempratikkan ilmu yang mereka peroleh di lapangan melalui kunjungan ke objek wisata Danau Tanah Mas yang terletak di Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin.

Dalam kesempatan pelatihan tersebut juga telah dibentuk caretaker Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Kabupaten Banyuasin yang diketuai Bustanil Arifin. Diharapkan dengan dibentuknya HPI ini, para pramuwisata yang ada di Banyuasin dapat lebih meningkatkan peran serta mereka dalam pembangunan sector pariwisata Banyuasin yang masih dalam taraf menggeliat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s