MAKNA SIMBOLIK BATIK BANYUASIN

Posted: 14 Januari 2016 in Pariwisata dan Promosi, Seni Budaya, Unduh Pdf

BUJANG GEDIS BANYUASIN DAN BATIK BANYUASIN

Bujang Gedis Banyuasin (BGB) memperkenalkan Batik Banyuasin

…. saat ini ada trend daerah-daerah yang secara tradisional tidak dikenal sebagai “daerah batik”, juga mulai mengenalkan batik khas daerah mereka masing-masing….

BATIK merupakan budaya khas bangsa yang diakui UNESCO sebagai warisan dunia tak benda sejak 2 Oktober 2009. Kepopuleran batik menyebabkan batik dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan, baik kegiatan resmi, maupun sekedar pergi belanja ke mall. Singkatkan kata, tidak ada istilah “salah kostum” jika kita memakai busana batik.

Kepopuleran batik juga merambah hingga ke sekolah-sekolah. Saat ini, kita dengan mudah dapat menemukan siswa-siswa SD, SMP, maupun SMA/SMK berseragam batik. Dengan permainan desain dan warna yang menarik, batik menjadi busana yang elegan dan selalu dapat mengikuti perkembangan dunia fashion.

Ketika kita membicarakan batik, mau tidak mau kita akan dibawa kepada asal daerah batik tersebut. Kita mengenal batik Solo, Jogja, Pekalongan, Betawi, dan sebagainya. Bahkan, saat ini ada trend daerah-daerah yang secara tradisional tidak dikenal sebagai “daerah batik”, juga mulai mengenalkan batik khas daerah mereka masing-masing, misalnya ada batik Papua, Palembang, dan Jambi.

Kabupaten Banyuasin (Sumatera Selatan) sebagai kabupaten yang relatif baru (2002), juga tidak mau ketinggalan dalam turut serta “memiliki” batik. Kabupaten ini baru saja me-launcing batik yang diberi nama “Batik Pusake”. Kehadiran batik ini di tengah masyarakat Banyuasin diharapkan mampu memberikan identitas daerah dan rasa bangga sebagai warga Banyuasin. Batik ini mengangkat motif khas daerah seperti pohon karet dan ikan sembilang. Selengkapnya mengenai motif batik Banyuasin beserta makna simboliknya dapat mengunduh berkas (file) berikut MAKNA MOTIF BATIK BANYUASIN

Iklan
Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s