Permainan Cak Ingking Gerpak » Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Posted: 16 Maret 2016 in Catatan Budaya

image

Permainan Cak Ingking Gerpak adalah permainan yang dilakukan dengan cara melompat satu kaki, dilanjutkan dengan melompat dua kaki secara bergantian pada petak-petak yang telah ditentukan. Sebenarnya jenis permainan ini ada hampir di seluruh nusantara, akan tetapi dengan nama yang berbeda-beda. Permainan bisa dilakukan kapan saja di setiap waktu luang, khususnya siang hari. Pemain biasanya berusia 6-13 tahun dengan jumlah yang tidak terbatas. Saran bermain berupa tempat terbuka yang sudah digambar petak-petak dan pecahan tembikar atau potongan papan kecil. Gambar petak-petak tersebut terdiri dari 7 petak dan seperti badan manusia. Permainan ini terdiri dari 5 tahap:

1. Pemain pertama menaruh atau melempar uncak (pecahan tembikar) pada petak satu. Kemudian melompat menggunakan satu kaki pada petak dua dan tiga.

2. Uncak ditaruh di punggung telapak tangan dan masuk setiap petak dengan menggunakan satu kaki. Pada petak ketujuh pemain berhenti, melemparkan uncak kemudian berusaha menangkap dan menggenggamnya.

3. Uncak disimpan pada punggung kaki kanan dan masuk petak pertama sampai keenam dengan menggunakan satu kaki.

4. Uncak disimpan atau dilempar ke petak tujuh. Pemain menutup mata dan masuk sampai ke petak tujuh menggunakan satu kaki.

5. Pemain membelakangi petak dan melemparkan uncak. Jika uncak tersebut berhasil masuk ke dalam salah satu petak, berarti pemain pertama tersebut berhasil membuat rumahnya agar bisa berpijak dua kaki dan disitulah petak akhirnya. Ketika rumah tersebut telah menjadi milik salah satu pemain, pemain lain tidak boleh menginjaknya.

Setelah lima tahap tersebut selesai dilalui, permainan dilanjutkan dengan berganti pemain. Akan tetapi, permainan bisa saja berhenti ditengah jalan dalam artian belum semua tahap selesai dilalui. Hal ini terjadi ketika pemain dinyatakan mati yang disebabkan oleh menginjak garis petak.

Serunya permainan tradisional !

Sumber: budaya-indonesia.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s