ADAT UPACARA KHITANAN

Posted: 12 Mei 2016 in Berita Parsenpor, Catatan Budaya, Pariwisata dan Promosi, Seni Budaya

…. khitanan dilaksanakan biasanya anak sudah disunat (dikhitan) terlebih dulu di dokter atau mantri sunat agar ketika upacara adat khitanan anak-anak….

khitanan

Khitanan (ilustrasi)

Adat upacara khitanan adalah acara perayaan menyunatkan anak menurut syariat agama Islam. Acara ini biasanya sering digabungkan dengan acara perkawinan, namun akhir-akhir ini telah banyak orang melakukan kegiatan adat upacara khitanan ini dengan acara arisan atau dilaksanakan sendiri tanpa digabungkan. Ini dilakukan untuk sekaligus meramaikan dari setiap upacara adat yang dilaksanakan keluarga dan masyarakat.

Sebelum upacara khitanan dilaksanakan biasanya anak sudah disunat (dikhitan) terlebih dulu di dokter atau mantri sunat agar ketika upacara adat khitanan anak-anak ini diadakan, dia tidak lagi merasa kesakitan sehingga ketika upacara digelar kondisi badannya betul-betul sudah sembuh.

Upacara khitanan ini dilakukan di hampir kebanyakan desa di Banyuasin misalnya di Desa Sako dan sekitarnya. Adat ini biasanya dilakukan besar-besaran bahkan terkadang hampir sama dengan upacara adat perkawinan. Anak yang dikhitan diarak dengan figuran kapal-kapal (pesawat) buatan dan diarak keliling desa dengan musik daerah yang disebut Tanjidor dan Syarofal Anam.

Bila upacara khitanan dilakukan secara sederhana biasanya hanya dilakukan pembacaan Barzanji di rumah dengan mengumpulkan sanak famili dan tetangga dekat, tetapi terkadang juga mengundang pihak lembaga adat untuk doa bersama agar anak yang disunat menjadi anak yang berbakti kepada agama, orang tua serta nusa dan bangsa, serta akan sukses selama masa hidupnya.

———————————–

Tulisan ini telah dimuat dalam buku Sejarah, Khasanah Budaya, dan Profil Potensi Kabupaten Banyuasin. (Penulis: Ajmal Rokian, dkk) diterbitkan oleh Dinas Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuasin (2014)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s